8 Fakta Menarik Karst Rammang-Rammang Maros, Dikunjungi Sandiaga dan Atta Halilintar

Berita199 Dilihat

SULSELONLINE.COM — Sahabat SO sudah berkunjung ke kawasan karst Rammang-Rammang terletak di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan? Kawasan tersebut menawarkan panorama gugusan pegunungan kapur atau karst.

Selain pegunungan karst, terdapat juga sungai dan hamparan sawah di kawasan yang merupakan bagian dari Geopark Maros-Pangkep (Pangkajene dan Kepulauan) itu.
Berikut delapan fakta menarik seputar kawasan karst Rammang-Rammang Maros yang dikunjungi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, serta influencers Atta Halilintar dan Thoriq Halilintar, Kamis (17/6/2021):

1. Pegunungan karst terbesar kedua di dunia

Rammang-rammang disebut-sebut sebagai pegunungan karst terbesar di Indonesia dan kedua di dunia, dengan luas sekitar 45 ribu hektar. Berbagai sisi Rammang-rammang pun tampak menarik sekali untuk dijelajahi. Pastinya tak kalah keren dari Tsingy Stone Forest yang dinobatkan sebagai karst terbesar di dunia.

2. Tak sulit dicapai dari Makassar

Dari Kota Makassar jarak ke Rammang-rammang di Kabupaten Maros sekitar 40 km. Kalau traveler menginap di Makassar, dari ibukota Sulawesi Selatan ini bisa naik kendaraan pribadi atau umum dengan waktu tempuh sekitar 1 jam saja.

3. Bisa susur sungai di antara pegunungan karst

Salah satu spot jelajah Rammang-rammang dengan trekking adalah di Kampung Berua. Untuk mencapai kampung itu traveler harus naik perahu menyusuri Sungai Pute sekitar 15 menit.

Menyusuri sungai yang tenang ini juga menjadi pengalaman asyik. Bagaimana tidak, selama di perahu turis dapat menyaksikan pemandangan indah pegunungan karst yang tinggi menjulang dari jarak dekat.

4. Fotogenik

Berbagai sisi Rammang-rammang begitu fotogenik. Pegunungan karst dengan warna hitam keabu-abuan, dengan warna hijau dari tumbuhan yang hidup di sana terlihat sejauh mata memandang. Belum lagi saat trekking, jalur yang dilewati pun diapit sawah yang subur.