ASN Pemkab Maros Bakal Berseragam Pramuka

Berita, Komunitas, Sulsel117 Dilihat

SULSELONLINE.COM — ASN Pemkab Maros bakal diwajibkan berseragam Pramuka. Bupati Maros, Chaidir Syam menyampaikan bahwa dirinya bakal membuat aturan, para pegawai wajib berpakaian Pramuka setiap tanggal 14.

Aturan itu menjadi satu dari tiga kado yang ia berikan untuk pelantikan pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) dan Mabicab Gerakan Pramuka Maros di Gedung Serbaguna Pemkab Maros pada Selasa 13 Juli 2021, kemarin.

“Kado lainnya adalah Bumi Perkemahan di Simbang, mudah-mudahan tahun depan bisa selesai. Kedua adalah sekretariat baru yang lebih representatif,” ujarnya, yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) saat sambutan pelantikan Andalan (pengurus) Kwarcab Gerakan Pramuka Maros.

Mendengar itu, Ketua Harian Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sulsel, Haris Yasin Limpo memberi pujian.

Menurutnya, jika ini terealisasi, Maros yang pertama di Sulsel yang mewajibkan ASN berpakaian pramuka. Paling tidak sekali dalam sebulan.

“Jika orang-orang dewasa saja berpakaian pramuka, anak-anak kita juga bisa termotivasi untuk masuk gerakan ini,” ucap mantan Dirut PDAM Kota Makassar itu.

Ia menambahkan, Kwarcab Maros merupakan yang paling aktif di Sulsel. Bahkan di hadapan Ketua Kwarcab Makassar, Iqbal Suhaeb, ia menyebut Kwarcab Maros masih lebih kencang gerakannya.

Adik kandung Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian yang juga Ketua Kwarda Sulsel itu menuturkan, biasanya suatu Kwarcab dilantik dahulu kemudian lakukan konsolidasi.

Kwarcab Maros berbeda, konsolidasi dan bergerak dahulu baru pelantikan. Hal ini menunjukkan kecepatan luar biasa Pramuka Maros.

Sementara, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Maros, Suhartina Bohari mengaku semakin bersemangat berpramuka. Sebab sinergi pemerintah kabupaten begitu baik.

Wakil Bupati Maros itu memaparkan sejumlah kegiatan yang telah digelar sejak selesai Musyawarah Cabang hingga pelantikan, paling fenomenal adalah Musyawarah Ranting (Musran) di 14 kecamatan yang bisa digelar maraton, hanya dalam 12 hari.

“Kekompakan yang membuat semua itu bisa terjadi,” ucapnya.

Pelantikan pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Maros digelar dengan protokol kesehatan yang ketat. (*)