IKA Unhas Harus Munculkan Figur Baru Setelah JK

Politik54 Dilihat

SULSELONLINE.COM – Setelah kepemimpinan Jusuf Kalla (JK), Musyawarah Besar (Mubes) Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (Unhas) 2021 diharapkan dapat memunculkan figur Ketua Umum dari generasi baru yang membawa organisasi tersebut lebih produktif dan profesional.

Hal tersebut merupakan pandangan dari sejumlah alumni perguruan tinggi negeri terbesar di kawasan timur Indonesia itu yang berhasil dihimpun menjelang pelaksanaan Mubes IKA Unhas tahun 2021. Selain juga merespon berbagai masukan seputar pengelolaan organisasi IKA Unhas serta perkembangan dan konteks aktual yang menuntut penyesuaian tata kelola organisasi dengan langkah-langkah terobosan.

“Saya kira ini momentum yang bagus dengan melalui forum Mubes IKA Unhas kali ini ada warna baru bukan hanya dalam urusan mekanisme pemilihannya tapi juga figur-figur potensial yang akan menjadi calon atau kandidat Ketua Umum IKA Unhas mendatang,” jelas Amirullah Tahir, salahseorang Alumni Unhas saat ditemui, usai rapat persiapan Mubeslub IKA Unhas, di BOSKA café Pasar Minggu Jakarta, Selasa (26/10/2021).

Oleh karena itu, lanjut Amirullah, dalam Mubes IKA Unhas kali ini diharapkan dibuka ruang seluas mungkin munculnya figur-figur kandidat baru dengan rencana perubahan anggaran dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) organisasi IKA Unhas. “Sudah saatnya IKA Unhas tampil dengan warna baru dan figur baru yang lebih fresh,” ujarnya yang juga Ketua Pokja AD/ART Mubeslub Unhas 2021.

Dalam Mubeslub IKA Unhas yang digelar 30 Oktober 2021 di Jakarta, menurut Amirullah, agenda utamanya adalah perubahan beberapa pasal dalam AD/ART. Adapun mekanisme yang akan ditawarkan ada tiga opsi meliputi mekanisme lama yang diwakili oleh Ketua-Ketua IKA masing-masing Fakultas, yang kedua sistem one man one vote dan yang ketiga sistem proporsional berdasarkan rasio jumlah alumni. “Ketiga opsi ini yang kita tawarkan ke forum Mubeslub, dan keputusannya tergantung para pemilik suara,” ungkapnya. (al)