Di Lego-lego, Plt Gubernur Semangat Ajak dan Motivasi Warga Vaksinasi

Berita59 Dilihat

SULSELONLINE.COM — Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, melakukan pemantauan pelaksanaan vaksinasi di Kawasan Lego-lego Center Point Of Indonesia, Kamis, 23 Desember 2021.

Hadir juga Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sujana dan Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Mochamad Syafei, serta Wali Kota Makassar, Danny Pomanto. Walaupun capaian vaksinasi Sulsel telah mencapai 70,07 persen sesuai target dari Presiden Jokowi, masyarakat tetap antusias untuk datang melakukan vaksinasi.

“Sehat-sehat jiki semua? Alhamdulillah,” tanya Andi Sudirman Sulaiman.
“Sudah miki divaksin? Ada yang sudah dan ada yang belum,” tambahnya.
“Jangan miki takut karena sudah semua mi divaksin yang di depan (petugas), alhamdulillah bagus ji vaksinnya,” sambung Andi Sudirman Sulaiman, seraya menyemangati kepada warga.

Ia melanjutkan penyampaiannya, warga yang sudah divaksin pertama untuk melakukan vaksinasi lanjutan. Karena dengan vaksinasi kedua, efikasi atau tingkat kemanjuran vaksin melawan virus meningkat tajam. Vaksinasi juga mengurangi vatality dari Covid-19.
Vaksinasi juga sebagai antisipasi terhadap varian baru Omicron.

“Apalagi ada Omicron, ini kita berdoa, mudah-mudahan tidak masuk Sulsel. Paling tidak sudah ada vaksin ta’ di badan ta’,” sebutnya.

Hadiah juga telah disiapkan oleh Pemprov Sulsel bagi warga yang melakukan vaksinasi, sebagai motivasi dan pemberi semangat. Adapun door prizenya atau hadiah utama berupa satu unit mobil. Hadiah lainnya, 30 sepeda motor, akan dibagikan ke seluruh kabupaten/kota, 300 unit sepeda, 300 unit smartphone. Berlaku bagi yang divaksin periode 16-31 Desember 2021.

“Hadiahnya sudah dipajang, akan ada undiannya, siapa tahu anda menang. Saya divaksin Januari, tidak dapat ma hadiah saya,” ucapnya disambut tawa.

Andi Sudirman merupakan orang pertama di Sulsel yang divaksin, pada 14 Januari 2021 silam, setelah berhasil melewati proses screening dan memenuhi syarat.

Mengapa perlu vaksinasi? selain untuk perlindungan kesehatan, sertifikat dapat digunakan sebagai syarat mengakses pelayanan dan ruang publik. Dimana di Makassar juga mulai diberlakukan.

“Kalau sudah vaksin, ada sertifikatnya, mau terbang ke mana-mana, mau pengurusan ke mana-mana, semua lancar. Kalau di Jakarta, mauki masuk warung (barcode), na di sini juga sudah mulai diberlakukan,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolda Sulsel, Nana Sujana, menyampaikan, penanganan Covid-19 di Sulsel telah terkendali.

“Perkembangan Covid-19 alhamdulillah terkendali. Dapat dikendalikan, dan sampai saat ini masyarakat yang terkonfirmasi masih ada. Tapi di bawah 10 orang perhari ini se Sulsel,” ujarnya.

Ia berharap, masyarakat tidak lengah dengan kondisi saat ini. Sehingga, vaksinasi dan penegakan protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan. (*)