Ketua IKA-UH Gorontalo Apresiasi Suaib Mappasila Maju Ketua IKA Unhas

Kampus74 Dilihat

SULSLEONLINE.COM – Ketua Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) Wilayah Provinsi Gorontalo, Dahlan Usman, mengharapkan Musyawarah Besar (Mubes) IKA Unhas 2022 dapat mengakomodir dan memberikan kesempatan sosok kandidat ketua dari kalangan generasi muda.

Oleh karena itu, Dahlan memberikan apresiasi positif terhadap keinginan mantan Ketua Senat Mahasiswa FE Unhas periode 1995/1996, Mohammad Suaib Mappasila, untuk maju dalam bursa kandidat Ketua IKA Unhas daam Mubes yang digelar pada 4-6 Maret 2022 di Makassar.

“Sudah saatnya organisasi IKA Unhas melakukan transformasi. Tidak hanya secara kelembagaan, tapi juga dalam kepengurusan. Karena itu, dalam Mubes IKA Unhas kali ini diharapkan bisa dimunculkan sosok unsur pimpinan dari kalangan generasi muda.Dan Suaib Mappasila saya kira mewakili generasi alumni tahun 90-an,” ujar Dahlan Usman, yang dihubungi via telepon akhir pekan ini.

Selama ini, Dahlan mengakui dirinya telah mengenal sosok Suaib Mappasila memiliki jejak rekam sebagai seorang aktivis mahasiswa pada zamannya dan juga telah banyak pengalaman berorganisasi kepemudaan maupun organisasi kemasyarakatan (ormas). “Terlepas dari itu, saya menilai positif keinginan Suaib maju dalam bursa Ketua IKA Unhas, setidaknya memberikan warna baru dan pionir tampilnya sosok generasi muda diantara nama-nama para kandidat yang telah beredar selama ini,” katanya.

Sebelumnya diberitakan Musyawarah Besar (Mubes) Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin, IKA Unhas bakal diikuti sederet tokoh alumni kampus terbesar di Indonesia Timur tersebut sebagai calon Ketua IKA Unhas periode 2022-2027.

Sejumlah tokoh alumni Unhas tersebut, diantaranya Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (SYL), Mantan Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman (AAS), Direktur Utama PT Nindya Karya, Haedar A Karim, Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika, Staf Ahli Komisi III DPR RI Suaib Mappasila, Mantan Rektor Unhas Prof.Idrus Paturusi, anggota DPR RI Suhardi Duka, Owner IMB Group A. Idris Manggarabani. Mereka ini adalah calon suksesor pengganti HM Jusuf Kalla, yang telah memimpin IKA Unhas selama 25 tahun. JK menjabat sebagai Ketua IKA Unhas, saat dirinya masih menjabat sebagai Wapres RI mendampingi SBY serta saat mendampingi Jokowi pada periode pertama 2014-2019.

Diantara nama-nama yang masuk bursa kandidat Ketua IKA Unhas itu, yang agak mengejutkan adalah terselip nama mantan Ketua Senat Mahasiswa FE Unhas periode 1995/1996, karena nama Suaib Mappasila yang merupakan satu-satunya calon kandidat yang mewakili generasi muda.

Dahlan sendiri sebagai peserta penuh dan pemegang hak suara berjanji akan hadir pada saat Mubes IKA Unhas yang akan direncanakan akan berlangsung di Four Point by Sheraton Makassar, 4-6 Maret 2022. Rangkaian kegiatan Mubes sebelum memilih Ketua IKA Unhas UH seperti Simposium Nasional yang akan membahas Ibu Kota Nusantara di Penajam Kalimantan, Dialog Nasional yang akan menghadirkan Capres 2024, Pameran UMKM, Donor Darah serta Jalan Sehat di hari terakhir Mubes. (al)

Inilah Kriteria Pemilik Suara Mubes IKA Unhas