Mandai Awali MTQ Tingkat Kecamatan di Maros

Berita, Sosial, Sulsel78 Dilihat

SULSELONLINE.COM  — Wakil Bupati Maros, Hj Suhartina Bohari, membuka acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kecamatan Mandai di Aula Kantor Camat Mandai, Senin 7 Maret 2022.

Suhartina Bohari menyampaikan, MTQ ini harus benar-benar mencari bibit qari dan qariah dari kecamatan.

“MTQ ini kita benar-benar mencari bibit baru, generasi yang memahami Al Quran. Kalau dulu banyak kejadian kita sering ambil qari dan qariah dari daerah lain untuk kejar juara, padahal yang terpenting adalah bibit yang punya bakat baru harus diorbit,” ungkap Hj Tina, sapaan Suhartina Bohari.

Selain itu ia juga meminta agar reward atau hadiah yang diberikan kepada para juara jangan terkesan asal ada.

“Terpenting hadiahnya jangan sampai lebih besar hadiah lomba domino, yang biasa kita dengar kan begitu ya, hadiah MTQ alakadarnya saja, jangan sampai ini terjadi, Pak Camat lapor ke saya kalau hadiah kurang. Kebetulan saya juga ditunjuk untuk menangani kegiatan keagamaan di Maros dan saya tidak mau main-main, tidak mau ada yang berprinsip ABS atau Asal Bapak Senang,” tegas Ketua LPTQ atau Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Kabupaten Maros ini.

Camat Mandai, H Abd Razak menyampaikan, MTQ ini diikuti utusan dari kelurahan dan desa se Mandai sebagai seleksi tingkat kecamatan ke MTQ tingkat Kabupaten.

“MTQ ini dilaksanakan hingga Rabu 9 Maret dengan beragam jenis lomba, diantaranya tadarus-tartil 1-10 juz, tilawah 1-10 juz, tilawah tuna netra, hafalan 1-10 juz dan kasidah rebana,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Mandai merupakan kecamatan pertama yang menggelar MTQ tingkat kecamatan tahun 2022.

MTQ tingkat kecamatan di Kabupaten Maros  kembali dilaksanakan setelah sempat terhenti karena Pandemi Covid-19.