Siapkan Surat Kendaraan, Razia Hari Ketiga Samsat Mappanyukki Raup 154 Juta

Berita32 Dilihat

MAKASSAR – Unit Pelaksana Teknis Pendapatan Wilayah Makassar I Selatan, Satlantas Polrestabes Makassar, dan Jasa Raharja kembali menggelar penertiban pajak kendaraan bermotor (PKB), Rabu 23 Maret 2022, di Jalan Penghibur Makassar. Sebanyak 86 kendaraan terjaring dalam razia hari ketiga yang digelar Samsat Mappanyukki.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pendapatan Wilayah Makassar I Selatan, Rajab SE, M.Si, mengatakan, pada razia tersebut petugas menjaring 86 unit kendaraan terdiri dari kendaraan roda dua sebanyak 21 unit dan kendaraan roda empat sebanyak 65 unit.

Kendaraan yang ditilang oleh petugas sebanyak 37 unit terdiri dari kendaraan roda dua sebanyak 12 unit dan kendaraan R4 sebanyak 25 unit. Petugas juga mengamankan satu unit kendaraan roda dua yang tidak dilengkapi dengan surat bukti kepemilikan kendaraan.

Adapun pemilik kendaraan yang membayar PKB di tempat sebanyak 49 unit, terdiri dari kendaraan roda dua sebanyak Sembilan unit serta kendaraan roda empat sebanyak 40 unit.

Dana yang berhasil masuk ke kas Pemprov Sulsel pada penertiban PKB ini sebesar Rp 154.416.680 yang terdiri dari kendaraan roda dua sebesar  Rp 2.798.610 dan kendaraan roda empat sebesar  Rp 151.618.070.

Pada razia tersebut, petugas juga menginformasikan kepada wajib pajak menganai adanya pembebasan tarif progresif kendaraan mulai 2 Maret 2022-31 Desember 2022.

Pembebasan tarif progresif ini berlaku untuk kendaraan angkutan barang yang terdaftar atas nama pribadi seperti pick up, light truk, blind van, dan sejenisnya. Juga berlaku untuk proses kendaraan baru, kendaraan ulangan, mutasi masuk, mutasi keluar, dari dan dalam luar Provinsi Sulawesi Selatan.

Pembebasan progresif tidak berlaku untuk kendaraan yang terblokir lapor jual atau blokir BBN 2.

Sebagai informasi tambahan, saat ini Samsat Mappanyukki menyediakan berbagai tempat membayar PKB.

Inilah tempat pembayaran pajak kendaraan Samsat Makassar I Selatan

– Samsat Mappanyukki

– Samsat Pembantu Pettarani

– Gerai Samsat kecamatan Tallo

– Gerai Samsat Kecamatan Rappocini

– Gerai Samsat Kecamatan Mamajang

– Gerai Samsat Kelurahan Maradekaya Kecamatan Makassar

– Gerai Samsat Kelurahan Barombong

– Kedai Samsat Al Markaz Jalan Sunu

– Kedai Samsat lap Emy Saelan Jalan Hertasning

– Samsat Corner Mall Pipo lt 1

– Samsat Keliling Malengkeri

– Samsat Keliling Hertasning

– Drive Thru Samsat Pettarani

– Drive Thru Samsat Taman Gajah

– Samsat Keliling Jalan Cenderawasih Depan Kantor BPSDM Prov.Sulsel (Eks IPDN).(al)

 

Samsat Gowa Razia 43 Pemilik Kendaraan Ditilang