Otak Pemain Liverpool Dilatih Eksekusi Bola Mati

Olahraga60 Dilihat

SULSELONLINE.COM – Liverpool amat berbahaya dalam situasi bola-bola mati musim ini. The Reds menggunakan sains dan teknologi untuk mengasah keterampilan mereka tersebut.
Liverpool menjadi salah satu tim yang paling banyak mencetak gol dari bola mati. Mulai dari situasi sepak pojok, tendangan bebas, serta penalti.

Di Liga Inggris 2021/2022, Liverpool tercatat mengumpulkan 19 gol dari bola mati. Anak asuh Juergen Klopp juga berhasil menyabet titel Piala Liga Inggris dan Piala FA dengan memenangi adu penalti.

Usut punya usut, ketajaman Liverpool dalam situasi bola mati tidak hanya diasah melalui latihan konvensional saja. Trent Alexander-Arnold dkk juga menerapkan pelatihan otak melalui kemitraan bersama perusahaan ahli saraf Jerman, neuro11.

Menukil laporan Daily Mail, Liverpool dan neuro11 sudah bekerja sama sejak pra-musim tahun lalu. neuro11 bertugas membantu para pemain masuk ke ‘zona’, yakni kondisi yang memungkinkan untuk ‘mengendalikan otak pada saat-saat penting’ melalui elektroda.

Para penggawa Liverpool memakai elektroda di kepala mereka ketika sesi latihan tim. Aktivitas otak mereka kemudian dianalisis guna mengetahui kemampuan maksimal setiap individu.

“Ketika Anda dapat melakukan yang terbaik, Anda tidak perlu memikirkannya, itu terjadi begitu saja. Pikiran setiap orang berbeda. Jadi, dengan menganalisis aktivitas otak selama latihan, neuro11 membantu setiap pemain mengetahui apa yang berhasil untuk mereka.” kata salah satu pendiri neuro11, Dr Niklas Hausler.

Juergen Klopp menyebut kemitraan dengan neuro11 adalah sesuatu yang amat menguntungkan timnya. Manajer Liverpool itu menilai dampak yang diberikan sangat besar bagi para pemain menghadapi bola-bola mati.

“Mereka memiliki dampak yang luar biasa. Ini tentang membawa pemain tertentu, sebelum set-piece, ke dalam pola pikir yang benar. Mereka adalah ahli saraf dan ini penting bagi kami – babak baru yang sangat menarik,” ujar Klopp.

Teknologi yang dibawa neuro11 turut menjadi bagian penting persiapan Liverpool menghadapi final Liga Champions kontra Real Madrid. Trent Alexander-Arnold dan Konstantinos Tsimikas berlatih mengirimkan bola dengan elektroda terpasang di kepala mereka dalam sesi latihan di Kirkby, Rabu (25/5).(al)

Link Live Streaming Indonesia Vs Thailand Semifinal Sepak Bola SEA Games 2021