Ini Arti Abdi Nu Ngider, Naha Anjeun Nu Keder di Baju Kaos Anies Baswedan

Nasional270503 Dilihat

Bandung – Ada yang menarik saat Anies Baswedan berkunjung ke Kabupaten Bandung, Minggu (22/1/2023) kemarin. Ia menggunakan kaos hitam bertuliskan ‘Abdi Nu Ngider, Naha Anjeun Nu Keder’.
Foto Anies menggunakan kaus itu juga diunggah di akun pribadinya @aniesbaswedan. Terlihat Anies yang berkacamata hitam itu diserbu warga yang meminta foto bersama.

Bagi orang Sunda, kalimat di kaus Anies langsung dimengerti artinya. Namun banyak yang tidak mengetahui apa arti atau makna di balik tulisan berbahasa Sunda ‘

Bagi orang Sunda, kalimat di kaus Anies ‘Abdi Nu Ngider, Naha Anjeun Nu Keder’ itu.

Jika diterjemahkan atau diartikan ke bahasa Indonesia, tulisan itu kurang lebih memiliki arti ‘Saya yang bepergian, kenapa kamu yang takut’.

Definisi ngider bagi orang Sunda bisa luas, antara lain pergi ke beberapa tempat, mengunjugi banyak daerah, bepergian, berkelilingi atau menjelajah. Sementara keder yang sudah ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti takut, gentar atau gemetar.

“Wilujeng enjing! Dari Kabupaten Bandung, dari Jawa Barat, kita gelorakan semangat perubahan untuk Indonesia!” begitu tulis Anies di akun Instagramnya.

Sebelumnya diberitakan, Anies datang ke acara ‘Jalan Sehat’ yang digelar NasDem di area Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung. Di sana ia disambut antusias oleh warga. Bahkan ia diserbu emak-emak yang ingin foto bersama.

Namun sebelumnya ia mendapatkan penolakan dari warga dari Aliansi Masyarakat Kabupaten Bandung (Amkab) melakukan demonstrasi di dekat area Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung. Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk penolakan terhadap kampanye yang dilakukan Anies Baswedan.

Aksi penolakan juga terjadi saat Anies mengunjungi Sasana Budaya Ganesa (Sabuga) untuk menghadiri acara Youth Festival yang digelar oleh Nasdem. Massa dari Gerakan Masyarakat dan Mahasiswa Bandung Lautan Api ini dilakukan di Jalan Tamansari.

Puluhan massa ini melakukan long march di Jalan Tamansari hingga ke depan pintu masuk Sabuga. Arus lalu lintas sempat terganggu akibat ada long march puluhan massa aksi ini.

Anies Baswedan angkat bicara terkait adanya penolakan kunjungannya ke Kabupaten Bandung dan Kota Bandung. Anies mengucapkan terima kasih kepada massa aksi.

“Saya berterima kasih ada yang memperhatikan, untuk hadir dan untuk peduli,” kata Anies seusai kunjungan di Sabuga.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *