Ini 14 Calon Anggota KPU Sulsel, Akan Dipilih 7 Orang

Berita656 Dilihat

SULSELONLINE.COM  — Sebanyak 14 orang calon anggota KPU Sulsel telah dipilih oleh Tim Seleksi Komisioner Pemilihan Umum (Timsel KPU) Sulawesi Selatan.

Sebanyak 14 nama-nama calon Komisioner KPU Sulsel itu selanjutnya dikirim ke KPU pusat.

Ketua Timsel calon komisioner KPU Sulsel, Nur Fadhilah Mappaselleng, mengungkapkan, mulanya pendaftar mencapai 978 orang namun terus berkurang karena tidak memenuhi syarat.

“Banyak pendaftar tidak memenuhi syarat karena masih di bawah umur, sementara persyaratan peserta minimal 35 tahun,” ucapnya, Jumat, (24/3/2023).

Akhirnya Tim Seleksi Komisioner Pemilihan Umum (Timsel KPU) Sulawesi Selatan hanya mengumumkan 70 nama calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan yang lolos verifikasi administrasi dari 92 calon yang sebelumnya dinyatakan lolos.

Lalu tinggal 69 orang karena satu tidak mengikuti tahapan tes seleksi tertulis berbasis metode computer assisted test (CAT), di Kampus Universitas Negeri Makassar (UNM), Senin (6/3/2023).

Selanjutnya Timsel mengumumkan 28 besar nama-nama lolos CAT dan tes psikologi.

Pengumuman lolos CAT dan tes psikologi itu berdasarkan Nomor: 02 7/TIMSELPROV.GEL.1-Pu/03/73/2023 tertanggal 14 Maret 2023 tentang hasil seleksi seleksi tertulis dan tes psikologi bakal calon anggota KPU periode 2023/2028.

“Tiba waktunya kita umumkan 14 besar. Mungkin nanti akan ada Fit dan Propper Test yang akan melahirkan tujuh komisioner. Tadi malam sudah kita tetapkan. Hari ini kita umumkan 14 itu,” ujarnya.

“Inilah nama-nama yang disepakati dan ditandatangani oleh Ketua Timsel dan Sekretaris disertai dengan paraf,” lanjutnya.

Dari 14 nama itu, terdiri dari empat perempuan yang mewakili 28,5 persen kuota perempuan.

Dari tiga petahana yang lolos ke tes CAT dan psikologi, hanya dua yang masuk 14 besar. Mereka adalah Fatmawati dan Upi Hastati, sementara Uslimin tak lolos.

“Kemudian dari pantauan kita, KPU kabupaten/kota ada beberapa. Ini dipecah, tidak ada double. Kita perhatikan keterwakilan 8 kabupaten/kota. Dua dari provinsi. Sisanya profesi, ada kalangan dosen, jurnalis dan ada dari wirausaha dan ada memang dari mantan KPU,” katanya.(*)

Inilah 14 calon Komisioner KPU Sulsel

Abdul Azis
Abdul Thayyib Wahid Ramli
Ahmad Adiwijaya
Andi Tenri Sampeang
Ernida Mahmud
Fatmawati (Petahana)
Hasbullah
Hasruddin Husain
Marzuki Kadir
Muhammad Naim
Muhammad Yusuf AR
Romy Harminto
Tasrif
Upi Hastati (Petahana)