Sore Ini PSM Makassar Tantang Rans Nusantara

Olahraga1875 Dilihat

SULSELONLINE.COM – Liga I pekan ke-17 akan menampilkan tuan rumah Rans Nusantara FC melawan PSM Makassar.

Laga akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin (30/10/2023) sore pukul 16.00.

Rans Nusantara FC sedang berada dalam posisi on fire menghadapi PSM Makassar. Prestige Phoenix memetik kemenangan dalam dua pertandingan terakhir.

Tim asuhan Eduardo Almeida mengalahkan PSIS Semarang dan Persija Jakarta. Akan tetapi, ada preseden buruk apabila Rans Nusantara FC itu menang dua kali berturut-turut, yaitu gagal lanjutkan tren amankan tiga poin pada laga berikutnya.

PSM Makassar juga mulai menunjukkan performa yang stabil. Tim Juku Eja baru saja membantai jagoan klub dari Singapura, Hougang United dengan skor 3-1 di AFC Cup.

Sebelumnya, PSM Makassar juga menang telak dari Arema FC di Liga 1. M Arfan dkk menang dengan skor 3-0 di markas sendiri.

Selain itu, PSM Makassar sangat dominan saat melawan Rans Nusantara FC. Dalam dua pertandingan terakhir, tim asuhan Bernardo Tavares membukukan dua kemenangan alias tidak terkalahkan dari Prestige Phoenix.

Hasil laga ini akan sangat menentukan nasib PSM Makassar bersaing mempertahankan gelar musim ini. Peluang PSM naik ke papan atas klasemen masih sangat terbuka dengan selisih poin antar klub yang sangat tipis.

Jika PSM Makassar bisa mengalahkan Rans Nusantara FC, maka PSM bisa naik ke peringkat 7 klasemen sementara sekaligus menutup posisi di putaran pertama Liga 1.

Mantan PSM

Rans Nusantara FC memiliki tiga mantan pemain PSM Makassar. Inilah mereka :

1. Hilman Syah

Kiper Rans Nusantara FC Hilmansyah Foto: Dok. Istimewa Instagram Hilman Syah
Pemain berposisi kiper ini memulai karier sepakbolanya bersama PSM Makassar. Karier Hilman Syah pun melejit saat berseragam Juku Eja pada musim 2017.

Hilman Syah bahkan pernah menjadi kiper andalan PSM Makassar. Sayangnya, Hilman lebih memilih pindah klub saat manajemen PSM berusaha mempertahankannya.

Kiper kelahiran Jeneponto itu pun kemudian bergabung ke Rans Nusantara FC pada musim 2022 lalu dan menjadi pemain andalan di bawah mistar gawang Rans Nusantara FC musim ini.

Bersama PSM Makassar selama 6 musim, Hilman Syah mencatatkan 51 penampilan di semua kompetisi, baik itu di Liga 1, Piala Presiden, Piala Indonesia, hingga AFC Cup. Dalam penampilannya tersebut Hilman mengantar PSM Makassar cleansheet 15 laga dan kebobolan 58 gol.

2. Taufik Hidayat

Taufik Hidayat didatangkan PSM Makassar pada 2019 dari Bali United. Digadang-gadang jadi full bek andalan, tetapi Taufik Hidayat hanya bertahan semusim bersama PSM Makassar.

Taufik Hidayat kemudian hengkang pada musim 2020 meski namanya masuk dalam skuad pemain yang dipertahankan. Saat itu, ia memilih pindah ke Arema FC.

Selama semusim di PSM Makassar, Tayfik Hidayat bermain 33 laga di semua kompetisi. Taufik Hidayat bahkan mempersembahkan trofi Piala Indonesia 2019.

3. Dallen Doke
Dallen Doke didatangkan PSM Makassar pada 2022 di era Joop Gall. Dallen merupakan salah satu pilar PSM yang turut menyumbangkan trofi Liga 1 musim lalu.

Meskipun Dallen Doke jarang dimainkan oleh pelatih Bernardo Tavares. Ia kemudian hengkang ke Rans Nusantara FC pada musim 2023 ini.

Bersama PSM Makassar, Dallen Doke bermain 21 laga di semua ajang. Pemain jebolan tim Spanyol, Racing Algemesi itu menyumbang 1 assist untuk tim Juku Eja.(*)