8 Tewas, Israel Hancurkan Gedung Konsulat Iran di Suriah

Berita296 Dilihat

SULSELONLINE.COM – Serangan Israel menghantam konsulat Iran di ibu kota Suriah, Damaskus, menewaskan delapan orang. Serangan ini di tengah meningkatnya ketegangan regional akibat perang Gaza.

Dilansir AFP, Selasa (2/4/2024), media pemerintah Iran mengatakan seorang komandan senior Pasukan Quds dari Korps Garda Revolusi Islam, Brigadir Jenderal Mohammad Reza Zahedi, termasuk di antara korban tewas.

Ini adalah serangan kelima dalam delapan hari yang melanda Suriah, di mana Presiden Bashar al-Assad didukung secara luas oleh Iran dan sekutunya.

Belum ada komentar langsung dari Israel, namun insiden tersebut akan semakin meningkatkan ketegangan karena Israel telah meningkatkan serangannya terhadap kelompok yang terkait dengan Iran selama perang di Gaza melawan Hamas.

Kantor berita resmi Suriah SANA mengatakan “serangan Israel menargetkan gedung konsulat Iran di lingkungan Mazzeh di Damaskus”.

Koresponden AFP di lokasi kejadian mengkonfirmasi bahwa bangunan di sebelah kedutaan, sebuah paviliun, telah diratakan, di lingkungan kelas atas Damaskus. Gambar AFP menunjukkan tumpukan puing setinggi dua lantai di samping kompleks berpagar.

Media Iran juga melaporkan bahwa serangan di Damaskus menghancurkan seluruh bangunan lampiran, dan duta besarnya tidak terluka.

“Hossein Akbari, duta besar Republik Islam Iran di Damaskus, dan keluarganya tidak terluka dalam serangan Israel,” kata kantor berita Iran, Nour.

Kelompok Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) yang bermarkas di Inggris mengatakan: “Rudal Israel… menghancurkan gedung tambahan kedutaan Iran… di Damaskus, menewaskan enam orang”, dan jumlah korban awalnya dengan cepat bertambah menjadi delapan orang.

Kementerian Pertahanan Suriah mengatakan ada banyak orang yang terluka, terbunuh, dalam serangan Israel, dan Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad mengecam serangan tersebut setelah mengunjungi lokasi tersebut.

“Kami mengutuk keras serangan teroris keji yang menargetkan gedung konsulat Iran di Damaskus dan menewaskan sejumlah orang tak bersalah,” kata Mekdad dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh SANA mengutip detik.com.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *