Tanggul Sungai Rongkong Jebol, Luwu Banjir

Berita53 Dilihat

SULSELONLINE.COM – Luwu banjir yang mengakibatkan ratusan rumah terendam air.

Tanggul Sungai Rongkong Desa Pombakka, Kecamatan Malangke Barat, Luwu Utara jebol akibatkan ratusan rumah terendam.

Babinsa Koramil Malangke Barat, Serma Gusramil mengatakan luapan Sungai Rongkong akibat tanggul jebol membuat sejumlah rumah dan lahan pertanian warga terendam.

“Tanggul jebol sekitar 30 meter panjangnya, sehingga air terus meluap dan merendam perkampungan, kondisi ini diperparah dengan hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di hulu, sehingga debit air sungai rongkong semakin tinggi,” kata Serma Gusramil, Kamis (2/5/2024).

Lanjut Gusramil, banjir menyebabkan akses darat terputus, sehingga satu desa terisolasi.
Tak hanya itu, sebagian warga memilih mengungsi ke rumah tetangga dan kerabat yang aman dari banjir.

“Untuk menjalankan aktivitas di desa, warga hanya dapat menggunakan perahu, karena akses jalan terendam sehingga kendaraan tidak dapat melintas,” tambahnya.

Gusramil juga mengatakan banjir di Desa Pombakka sudah merendam pemukiman selama delapan hari.

Kepala Desa Pombakka, Akhiruddin mengatakan banjir yang merendam desa Pombakka selama 8 hari mengakibatkan 1.367 jiwa dari 367 kepala keluarga (KK) terdampak, sejumlah warga mengungsi di tempat yang aman dari banjir.

“Selain rumah-rumah warga yang terendam, ada beberapa fasilitas ikut terendam seperti tiga sekolah, Poskesdes 1 unit dan tiga rumah ibadah,” kata Akhiruddin, Kamis (2/5/2024).

Akibat banjir tersebut juga, aktivitas warga menjadi lumpuh terutama warga yang berprofesi sebagai petani dan juga pelajar. (*)