Begini Cara Memarkir Kendaraan di Bandara Sultan Hasanuddin

Warganet784 Dilihat

SULSELONLINE.COM – Terminal keberangkatan baru Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) beroperasi secara resmi pada 26 Juni 2024.

Terdapat beberapa penyesuaian yang dilakukan pihak pengelola bandara, salah satunya lokasi parkir mobil untuk terminal keberangkatan penumpang.

Dengan adanya perubahan tersebut, akses menuju check-in counter dari arah parkiran juga berubah. Pihak pengelola telah menyediakan jalur khusus untuk mengakses terminal keberangkatan baru dari lokasi parkiran mobil.

Berikut informasi selengkapnya mengenai lokasi parkir mobil untuk penumpang terminal baru Bandara Sultan Hasanuddin.

Lokasi Parkir Mobil Terminal Baru Bandara Sultan Hasanuddin

Kendaraan roda empat seperti mobil bisa menggunakan jalan layang untuk menurunkan penumpang atau drop off. Akan tetapi, area penurunan penumpang tersebut tidak bisa digunakan untuk parkir.

“Pada dasarnya, akses menuju Terminal Baru melalui jalan layang (Fly Over) untuk pengguna kendaraan roda empat dan menurunkan penumpang (drop off) di area penurunan penumpang (drop zone). Area drop zone tidak dapat digunakan untuk parkir,” ujar General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Minggus Gandeguai dalam keterangannya pada Rabu (19/6/2024).

Mobil penumpang dapat diparkirkan di gedung parkir mobil yang terletak tepat di depan terminal keberangkatan baru Bandara Sultan Hasanuddin. Adapun parkiran ini menyediakan area yang terdiri dari empat lantai.

Untuk mengetahui letaknya lebih jelas, berikut jalur parkiran mobil sampai ke lokasi check-in:

Setelah masuk melewati gerbang bandara, belok kiri di bundaran Patung Sultan Hasanuddin

Saat menemui jalan bercabang 3, gunakan akses jalur kanan dengan papan penanda bertuliskan ‘Gedung Parkir’

Jalur cabang 3 Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar Foto: Yaslinda Utari Kasim/detikSulsel

Terus masuk sampai mendapatkan jalur cabang dua, kemudian ambil arah kanan yang ditandai dengan papan penanda bertuliskan ‘Parkir Mobil’

Saat sampai di parkiran mobil dan bisa memarkirkan kendaraan di salah satu dari tiga lantai gedung parkir

Untuk menuju ke terminal keberangkatan, penumpang dapat menggunakan lift/tangga yang terletak di arah timur gedung parkir.
Sesampainya di lift, tekan tombol dengan tujuan lantai ‘3|D’ untuk keberangkatan

Setelah sampai di lantai 3|D, belok kiri untuk menuju eskalator yang berada di sebelah timur

Naik eskalator untuk menuju terminal keberangkatan A-B atau B

Dari pintu keberangkatan A, check-in counter berada di sebelah kanan untuk maskapai Garuda Indonesia, Citilink, dan Sriwijaya Air

Sementara dari pintu keberangkatan A-B, check-in counter berada di sebelah kiri untuk maskapai Lion Air

Tarif Parkir 

Tarif parkir Bandara Sultan Hasanuddin tidak mengalami perubahan usai terminal keberangkatan baru beroperasi. Biaya parkir dibebankan dengan menghitung durasi sejak memasuki gerbang bandara hingga keluar. Adapun pembayarannya dilakukan secara non tunai dengan kartu elektronik.

Sebagai panduan, berikut rincian tarif parkir mobil di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar yang dilansir dari @shiamaiport:

1 jam pertama: Rp 10.000
Tambahan hingga 3 jam berikutnya: Rp 5.000/jam
Tambahan di atas 3 s.d 5 jam Rp 5.500/jam
Tambahan di atas 5 s.d 12 jam Rp 60.000/jam
Di atas 12 jam (menginap) Rp 100.000
Tarif berulang setelah 24 jam
Cara Bayar Parkir Bandara Sultan Hasanuddin
Seperti yang disebutkan sebelumnya, sistem pembayaran parkir di Bandara Sultan Hasanuddin hanya tersedia untuk non tunai. Pembayarannya dapat dilakukan dengan kartu elektronik atau e-Toll seperti R-money, Tap Cash, Brizzi, dan Flazz.