Debat Perdana, Paslon AMAN Terendah di Dumay

Berita43756 Dilihat

SULSELONLINE.COM — Debat perdana calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar yang diselenggarakan oleh KPU Makassar di salah satu hotel di Makassar (26/10), mendapat tanggapan berbedari dari setiap kubu pasangan calon (paslon).

Semua tim mengklaim paslonnya tampil menguasai panggung. Namun, netisen melalui platform microblog X (dulu bernama Twitter) di dunia maya (Dumay), justru memberi pandangan berbeda.

Sebuah akun di X @sosmedviral_ membuka polling pendapat kurang dari satu jam usai acara debat berakhir pukul 17:00 waktu Makassar. Akun ini berdomisili di Kota Makassar dan tercatat mulai aktif memposting sejak Maret 2013. Akun ini menggolongkan dirinya sebagai Media Personality. Deskripsi akun ini menuliskan “Informasi kejadian-kejadian viral di jagad maya”.

Polling yang open (terbuka) selama 24 jam ini merekam data, yakni jumlah akun X yang memberikan pendapatnya, yaitu sebanyak 5.782 suara. Berdasarkan “rule engange” polling pada akun ini, setiap akun X hanya bisa sekali (satu kali) memberi suara. Alias, tidak ada akun yang sama bisa memberi suara lebih dari sekali. Polling ini tertutup dengan sendirinya (otomatis) pada pukul 17:09 WIB (18:09 waktu Makassar).

Temuan dari polling ini menempatkan Paslon Nomor 4 Amri Arsyid dan Rahman Bando (AMAN) pada posisi terakhir, yakni 6% (347 suara). Sedangkan tertinggi adalah Paslon Nomor 2 Andi Seto dan Rezki Mulfiati (SEHATI) dengan angka 59% (3.411 suara).

Sedangkan posisi kedua dan ketiga ditempati oleh Paslon Nomor 1 Munafri Arifuddin dan Aliyah Mustika (MULIA) dengan skor 20% (1.156 suara), dan Paslon Nomor 3 Indira Yusuf Ismail dan Ilham Ari Fauzi (INIMI) dengan skor 15% (867). Hasil akhir ini telah dilihat oleh 3.026 akun pengunjung.

Platform X merupakan wadah berbagi opini bagi politisi kawakan internasional maupun nasional di dunia maya. Misalnya Donald Trumph (Mantan Presiden AS), Mahatir Mohamad (Mantan PM Malaysia), Anwar Ibrahim (PM Malaysia), Emmanuel Macron (Presiden Perancis) atau Elon Musk (Bos Tesla). Pengguna utama kedua platform ini adalah artis-artis antara lain Cristiano Ronaldo.

Juru bicara SEHATI Bahtiar Maddatuang menanggapi santai hasil polling ini. Bahtiar yang hadir mendampingi Paslon SEHATI selama debat mengatakan bahwa mungkin penampilan Paslon SEHATI ini tampil biasa-biasa saja sehingga mendapatkan apresiasi dari netizen.

“Bagi saya, memang Pak Andi Seto, terutama, beliau tidak meledak-ledak. Tampilan seperti ini tentu jauh lebih orisinil. Tidak dibuat-buat. Beliau fokus pada kualitas penjelasan, jawaban, ketimbang penampilan,” kata dosen STIE AMKOP Makassar ini saat dihubungi Minggu sore (27/10).

Bahtiar menambahkan bahwa Paslon SEHATI berani menjanjikan sejumlah program di Makassar karena paslon ini dekat dengan Presiden RI Prabowo Subianto.

“Kita tahu kan, Pak Andi Seto itu kader sejati partai Gerindra, partai yang diketuai oleh Pak Presiden Prabowo,” ujar dosen LB di beberapa sekolah tinggi ilmu ekonomi di Jakarta ini.

Yang paling penting menurut Bahtiar adalah bahwa wakilnya Rezki Mulfiati merupakan mantan anggota DPRD Sulsel dua kali. Sementara Andi Seto mempunyai pengalaman sebagai mantan bupati Sinjai satu periode (2018-2023).

Berikut ini adalah partai pengusung masing-masing paslon pada Pilkada Makassar 2024. Paslon 1 adalah Munafri Arifuddin dan Aliyah Mustika Ilham (MULIA), diusung oleh tujuh partai, yaitu Golkar, Demokrat, PBB, Perindo, Hanura, dan Ummat.

Paslon nomor 2 Andi Seto Asapa dan Rezki Mulfiati Lutfi (SEHATI), diusung oleh empat partai: Nasdem, Gerindra, PSI, dan PAN. Paslon Nomor 3 Indira Yusuf Ismail dan Ilham Ari Fauzi (INIMI), diusung oleh tiga partai, yaitu PDIP, PPP, dan PKB.

Sedangkan Paslon Nomor 4 Amri Arsyid dan Abdul Rahman Bando (AMAN), diusung oleh satu partai, yaitu PKS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *