Bukan di Gowa, Kapal yang Tenggelam Itu di Kongo

Warganet3364 Dilihat

SULSELONLINE.COM – Video yang beredar detik-detik terjadinya kecelakaan kapal yang mengangku sejumlah penumpang.

Keterangan gambar yang beredar menyebutkan, jika kapal tersebut kecelakaan di perairan Gowa, Sulawesi Selatan.

Kapal itu memuat 104 orang, mulai anak-anak sampai orang dewasa.

Keterangan juga menyebutkan, jika kecelakaan itu terjadi pada Minggu 6 Oktober 2024.

“Kecelakaan Goa (Gowa) hari ini  minggu 06.10.2024 23 jenazah ditemukan, 40 orang berhasil diselamatkan dan 64 hilang. Keserakahan pemilik kapal dalam kelebihan muatan, melebihi kepercayaan para pelancong juga. Sangat menyedihkan, tragis,” keterangan video tersebut.

Keterangan lain menyebutkan:

“Innalillahi wa innailaihi roojiuun…Kecelakaan Goa/sulsel hari ini minggu 06.10.2024 23 jenazah ditemukan, 40 orang berhasil diselamatkan dan 64 hilang. Keserakahan pemilik kapal dalam kelebihan muatan, melebihi kepercayaan para pelancong juga. Sangat menyedihkan, tragis….”

Ditemukan fakta jika kejadian itu bukan di Gowa.

Dalam peristiwa itu, kapal kelebihan muatan dilaporkan terbalik di Danau Kivu yang terletak di Kongo Timur pada Kamis (3/10/2024).

Pihak berwenang segera menurunkan satuan tugas untuk melakukan pencarian dan penyelamatan bagi para korban.

Operasi penyelamatan dan pencarian para korban berlangsung hingga beberapa jam lantaran banyak korban yang masih belum diketahui keberadaannya

Diduga jika kapal tersebut kelebihan muatan dengan menampung setidaknya 278 orang.

Dilansir dari Apnews melalui Gubernur Provinsi Kivu Selatan yakni Jean Jacques Purusi mengungkap saat ini jumlah korban tewas masih belum bisa ditetapkan secara pasti lantaran terus bertambahnya jumlah korban.

Pihaknya mendapat laporan dari Pemerintah setempat perihal jumlah penumpang dalam kapal tersebut sebanyak 278 orang.

Diketahui jika kapal tersebut berangkat dari Pelabuhan Minova, yang berada di Provinsi Kivu Selatan pada Rabu (2/10/2024) menuju Goma yang terletak di Provinsi Kivu Utara.

“Kami belum memiliki (gambaran lengkap) keseluruhan situasi, tetapi kami akan memilikinya besok,” dilansir dari Apnews oleh Tribun Jateng pada Jumat (4/10/2024).

Sementara itu melalui akun sosial media tiktok milik @aljazeeraenglish tampak mengunggah sebuah video pada Kamis (4/10/2024).

Dalam video berdurasi 33 detik tersebut tampak memperlihatkan detik-detik kapal kelebihan muatan tersebut mulai kehilangan keseimbangan dan mulai terguling.

Dalam video tersebut tampak terdapat keterangan bertuliskan:

“Video menunjukkan momen saat membawa sejumlah penumpang terbalik di timur. Saksi mata mengatakan sedikitnya 50 orang tewas.” tulis keterangan dalam unggahan tersebut. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *