Logo 60 Tahun Gerakan Pramuka: Keren untuk Seragam

Berita, Komunitas123 Dilihat

Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka meluncurkan logo 60 Tahun Gerakan Pramuka dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahun 2021 di Aula Sarbini Taman Rekreasi Wiladatikta Cibubur Jakarta, pada 9 Maret 2021 lalu.

Logo 60 Tahun Gerakan Pramuka dirancang oleh Andalan Nasional Komisi Kehumasan, Kak R Andi Widjanarko.

Dalam logo ini tertera slogan “Berbakti Tanpa Henti” yang menyiratkan semangat para Pramuka untuk terus berbakti tanpa henti di segala bidang.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mempersembahkan Logo 60 Tahun Gerakan Pramuka bertepatan pula dengan Peringatan Hari Tunas Gerakan Pramuka, pada 9 Maret.

Sebagaimana 60 tahun silam para pemimpin dari 60 lebih organisasi kepanduan di Indonesia meleburkan diri menjadi satu wadah, Pramuka.

Logo 60 Tahun Gerakan Pramuka tersebut ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Kwarnas Nomor 27 Tahun 2021 yang dikeluarkan pada 23 Februari 2021 lalu.

Sebagaimana dicantumkan dalam SK tersebut, makna dari Logo 60 Tahun Gerakan Pramuka antara lain;

– Warna Merah berarti berani dan kesatria, sedangkan putih berarti rela dan tulus dalam berbakti.

– Angka 60 melambangkan tahun keenampuluh hadirnya Gerakan Pramuka, dengan angka “6” yang tangkainya bekombinasi daun nyiur yang meenunjukkan kecintaan Pramuka pada tanah air.

– Lambang WOSM di tengah angka “0” menunjukkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan di lndonesia dan satu-satunya yang diakui oleh organisasi kepanduan dunia.

Diketahui, Rakernas Gerakan Pramuka Tahun 2021 dibuka secara resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Kak Dr. H. Zainudin Amali, S.E., M.Si. yang sebelumnya diawali dengan Peringatan Hari Tunas Gerakan Pramuka. (*)

Berikut Panduan Pengunaan 60 Tahun Gerakan Pramuka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *