Presiden Bahas Kemungkinan Penghentian PPKM

Nasional46 Dilihat

SULSELONLINE.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih menunggu kajian terkait penghentian PPKM. Jokowi menargetkan kajian itu selesai pekan ini.

“Jadi kembali ke PSBB, PPKM itu masih saya masih menunggu seluruh kajian dan kalkulasi dari Pak Menko maupun dari Kementerian Kesehatan dan saya kemarin memberikan target minggu ini harusnya kajian dan kalkulasi itu sudah sampai ke meja saya,” kata Jokowi dalam akun YouTube Setpres, Rabu (21/12/2022).

Setelah itu, Jokowi akan mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) tentang penghentian PPKM. Dia berharap Keppres itu terbit akhir tahun ini.

“Sehingga bisa saya siapkan nanti Keputusan Presiden mengenai penghentian PSBB-PPKM. kita harapkan segera sudah saya dapatkan dalam minggu-minggu ini,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi memberikan sinyal PPKM di Indonesia bakal berakhir pada akhir tahun dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia 2023 seperti disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (21/12/2022). Kondisi COVID-19 yang sudah terkendali menjadi alasan utamanya.

Jokowi awalnya mengingatkan mengenai perjuangan Indonesia dalam menghadapi pandemi COVID-19.

“Saat Delta masuk, kasus harian kita mencapai 56 ribu kasus,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan sejumlah pihak saat itu mengusulkan agar Indonesia menerapkan lockdown. Namun Jokowi kukuh pada keputusannya untuk tak memberlakukan lockdown.

“Saat itu saya ingat hampir 80 persen menteri menyarankan saya untuk lockdown, termasuk masyarakat juga menyampaikan hal yang sama. Kalau itu kita lakukan saat itu mungkin ceritanya akan lain sekarang ini,” ujar Jokowi.

Indonesia kemudian menghadapi varian baru, yaitu Omicron. Jokowi mengatakan Indonesia tetap tenang sehingga kasus COVID-19 bisa dikendalikan.

Jokowi mengatakan kasus COVID-19 harian kemarin berada di angka seribuan. Barulah dia mengatakan kemungkinan PPKM bakal dinyatakan berakhir pada akhir tahun.

“Kemarin kasus harian kita berada di angka 1.200 dan mungkin nanti akhir tahun kita akan menyatakan berhenti PSBB, PPKM, kita,” imbuh Jokowi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *