Arab Saudi Larang Warganya ke Indonesia, Ada Kaitannya Cacar ?

Nasional65 Dilihat

SULSELONLINE.COM – Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memperingati warga negaranya agar tidak bepergian ke 16 negara untuk mencegah infeksi Covid-19.

Enam belas negara tersebut adalah India, Lebanon, Suriah, Turki, Iran, Afghanistan, Yaman, Somalia, Ethiopia, Republik Demokratik Kongo, Libya, Indonesia, Vietnam, Armenia, Belarusia, dan Venezuela.

Pemerintah Arab Saudi menyampaikan larangan tersebut berdasarkan laporan kenaikan kasus Covid-19 di negara-negara tadi. Sementara data Covid-19 menunjukkan penurunan kasus di seluruh negara tersebut. Kurva kasus Covid-19 melandai di negara-negara yang terlarang dikunjungi oleh warga negara Arab Saudi.

Dalam penyataannya, Wakil Menteri Kesehatan Arab Saudi, Abdullah Asiri mengatakan hingga kini belum ada kasus cacar monyet di negara itu. “Kami akan berusaha mencegah, memantau, dan mengatasi apabila ditemukan infeksi penyakit tersebut,” ujarnya.

Lagipula, dia menambahkan, kasus infeksi cacar monyet antar-manusia sangat rendah dan terbatas, sehingga belum tentu menjadi wabah. “Bahkan di negara yang telah terdeteksi ada kasus cacar monyet, kasus pada manusia sangat rendah,” kata Abdullah Asiri.

Penyakit tersebut juga terjadi di negara yang biasanya tidak memiliki kasus tersebut. Sejumlah negara dengan kasus cacar monyet antara lain Australia, Belgia, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Portugal, Spanyol, Swedia, Inggris, dan Amerika Serikat.(al)

Ruas Salaonro – Ulugalung Segera Dikerjakan, Bupati Wajo : Terima Kasih Gubernur Andalan