Didatangi Puan Maharani, Paloh Sebut NasDem Usung Anies, Ganjar, dan Andika

Nasional75 Dilihat

SULSELONLINE.COM – Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya menyebut partainya masih konsisten dengan hasil Rakernas yang memutuskan mengusung tiga bakal calon presiden yakni Anies Baswedan, Andika Perkasa, dan Ganjar Pranowo. Tiga capres tersebut menjadi prasyarat bagi Partai NasDem untuk membangun koalisi di Pilpres 2024.

“Sejauh ini keputusan Rakernas itu menjadi acuan,” ujar Willy di kantornya, Senin, 22 Agustus 2022.

Hari ini, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menemui Ketua DPP Partai NasDem Surya Paloh dalam rangka penjajakan kerja sama menuju Pemilu 2024. Kata Willy, partainya membuka pintu komunikasi dengan semua partai termasuk dengan PDIP karena membutuhkan partai lain untuk bisa mencukupi ambang batas pencalonan presiden. Namun, Willy memastikan prasyarat dari NasDem belum berubah.

“Membangun koalisi tentu hal yang sangat dinamis, tapi NasDem berikhtiar untuk konsisten dengan hasil keputusan Rakernas,” kata Willy. “Kecuali apa yang diusulkan NasDem itu tidak memiliki kecukupan kursi, baru kemudian harus ada arrangement baru lagi”.

Willy meyakini PDIP seperti halnya NasDem bakal menghormati keputusan partai masing-masing di Pilpres 2024, siapa pun calon yang akan diusung. “Kita saling hormat-menghormati, ada courtesy. Kami lihat, ada kode Mbak Puan juga mau maju toh,” ujar Willy.

Kata Willy, komunikasi baik harus tetap dilakukan meskipun nantinya kedua partai berbeda jalan soal capres. Toh, menurut Willy, pertemuan PDIP dan NasDem tidak hanya tertutup membahas Pilpres 2024.

“Jadi pembicaraannya hari ini, apapun itu kerjasama politik tidak hanya di dalam ranah Pilpres, banyak hal yang bisa dikerjasamakan dengan PDIP,” tuturnya.