Bapenda Sulsel Sumbang 58 Kantong Darah

Sulsel187 Dilihat

MAKASSAR – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali menggelar donor darah pada Selasa 13 Juni 2023 di Aula Bapenda Sulsel Jalan Andi Pangerang Petta Rani nomor 1 Makassar.

Bapenda Sulsel rutin menggelar donor darah setiap tiga bulan sekali dan masuk dalam kategori pendonor darah lestari kategori instansi pemerintah.

Koordinator Mobile Unit Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Transfusi Darah Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Dokter Hj Rosmini, mengatakan, pada donor darah ini petugas mengumpulkan 58 kantong darah. Setiap kantong berisi 350 cc darah yang berasal dari pegawai Bapenda Sulsel.

“Ada beberapa orang yang kami tolak karena tidak memenuhi syarat, seperti tekanan darahnya tinggi, hemoglobin-nya rendah, dan lain,” ujar Hasriani.

Hemoglobin adalah metaloprotein di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Hemoglobin juga mengusung karbon dioksida kembali menuju paru-paru untuk dihembuskan keluar tubuh.

Masyarakat yang ingin menggelar donor darah bisa menghubungi Tim Humas UPTD Transfusi Darah Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Andi Bandri dengan nomor ponsel 081355084456.

Kepala Bidang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bapenda Sulsel, Darmayani Mansur, mengatakan, pihaknya secara rutin menggelar donor darah ini sebagai bentuk empati pegawai Bapenda Sulsel pada masyarakat yang membutuhkan darah.

Ia berharap donor darah yang dilakukan Bapenda Sulsel bisa membantu Dinkes Sulsel dalam menyediakan stok darah.

Aksi donor darah ini diikuti sejumlah kepala unit pelaksana teknis pendapatan (UPTP) dari berbagai daerah di Sulsel.

Pegawai dari luar Bapenda Sulsel dan masyarakat umum juga ikut mendonorkan darahnya di kegiatan ini.

Donor darah ini berlangsung mulai pukul 09.00-13.00 dengan menerapkan protokol kesehatan.(*)

Bapenda Sulsel Juara Digital Festival Bank Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *