Luhut Ungkap Temuan Gas dan Minyak Bumi di Papua

Nasional162 Dilihat

SULSELONLINE.COM – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan adanya temuan sumber daya minyak dan gas bumi (migas) di area Warim, Papua.

Luhut menyebut, potensi gas jumbo di Blok Warim disebut bisa mencapai 2 kali lipat lebih besar daripada Blok Masela di Maluku.

Potensi gas di area Warim sendiri diketahui mencapai 47 triliun kaki kubik (TCF). Sementara, untuk potensi minyaknya dapat mencapai 27 miliar barel.

“Warim itu bisa hampir dua kali Masela, bisa juga kita ketemu cadangan minyak yang mungkin diduga 27 miliar barel. Jadi kaya sekali negerimu ini. Ngapain ribut-ribut,” kata Luhut dalam acara Economic Update 2023 CNBC Indonesia, Senin (10/7/2023).

Luhut menyadari, meski mempunyai potensi migas yang cukup besar, area yang berlokasi di wilayah perbatasan dengan Papua Nugini tersebut mempunyai tantangan tersendiri.

Salah satu tantangannya yaitu berada di dalam area hutan nasional lorentz. Namun, hal tersebut menurutnya tak akan menjadi persoalan.

“Ya nanti kalau memang betul ada 27 miliar barel bisa dilakukan pengeboran miring juga, jadi gak ada masalah,” ujar Luhut.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto belum lama ini membeberkan guna mengembangkan ladang gas jumbo tersebut, regulator di sektor hulu ini akan meminta restu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Mengingat, area Warim yang berada di dalam area hutan nasional lorentz.

“Kita minta persetujuan KLHK untuk bisa melaksanakan eksplorasi di hutan lindung,” ujar dia saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Senin malam (16/5/2023).

Menurut Dwi, setelah persetujuan dari KLHK didapatkan, SKK Migas akan menawarkan pada Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) untuk mau melakukan kegiatan eksplorasi di area Warim. Sejauh ini sudah ada beberapa perusahaan yang berminat, namun Dwi tidak membeberkan secara rinci.

“Sekarang sudah urus izin setelah ini selesai kemudian kita tentu saja mencari KKKS yang berminat sudah ada beberapa perusahaan besar tapi ini masih sama-sama menjajaki,” kata dia.

Sebagai informasi, pemerintah saat ini tengah getol menggenjot peningkatan produksi minyak dan gas bumi (migas) di Indonesia. Beberapa di antaranya dengan fokus mengembangkan eksplorasi migas di lima area, salah satunya yakni Blok Warim di Papua.(*)