Danny Pomanto Targetkan PAD 2024 Makassar Rp2 Triliun

Berita122 Dilihat

SULSELONLINE.COM, MAKASSAR — Wali Kota Makassar Danny Pomanto menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Makassar mencapai Rp2 triliun pada tahun 2024. Pada tahun 2023 lalu, PAD Makassar naik hingga Rp 300 miliar.

“PAD kita meningkat dari Rp 1,3 triliun (2022) menjadi Rp 1,6 triliun (2023). Naik Rp300 Miliar. Itu tidak gampang kurun satu tahun,” kata Danny kepada wartawan di kediamannya di Jalan Amirullah, Makassar, Rabu (31/1/2024).

Menurutnya, kota-kota lainnya biasanya hanya mendapatkan kenaikan pendapatan asli daerah hingga Rp100 miliar. Namun di Makassar performanya lebih baik karena kenaikan mencapai Rp 300 miliar dalam setahun.

“Di tempat lain, di kota-kota maju naiknya hanya Rp100 miliar. Kita loncat Rp300 miliar. Maka saya prediksikan di tahun 2024 ini naik mendekati Rp2 triliun,” jelasnya.

Upaya yang bakal dilakukan, kata dia yakni mengurangi kebocoran. Juga memacu evektifitas pemungutan.

Untuk mengurangi kebocoran, ia menjelaskan kini Pemkot Makassar punya inovasi PAjaK terINtegrasi & terdigiTAlisasi (PAKINTA).

“Karena digitalisasi, di pakinta ki. Sekarang ada kita temukan satu alat yang bisa menaikkan 500 persen,” ujarnya.

Sementara untuk pendapatan, sejumlah sektor bakal lebih dimaksimalkan. Ia memberi contoh seperti parkir.

“Itu banyak usaha-usaha itu, termasuk memaksimalkan parkir, parkir ini potensi sangat besar tapi belum 2 persen dan 5 perssnnya kita bisa manfaatkan dengan baik,” terangnya mengutip fajar.co.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *