7 Minuman Alamai untuk Turunkan Berat Badan

Kesehatan65 Dilihat

SULSELONLINE.COM — Minuman alamai dari herbal dipercaya dapat menurunkan berat badan.

Berikut beberapa minuman herbal untuk menurunkan berat badan yang bisa dicoba.

Proses penurunan berat badan memang bukan perkara mudah. Banyak hal yang harus dicoba dan dijadikan rutinitas.

Selain rutin beraktivitas fisik atau berolahraga, Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan dan minuman.

Ada beberapa minuman untuk menurunkan berat badan yang bisa Anda coba. Minuman-minuman ini terbuat dari bahan herbal.

Berikut beberapa minuman herbal untuk menurunkan berat badan, merangkum berbagai sumber.

1. Air jahe
Mengutip NDTV, asupan air jahe dapat memberikan manfaat yang baik untuk pencernaan.

Pencernaan yang baik erat kaitannya dengan tingkat metabolisme yang juga lebih baik. Metabolisme yang baik dapat membantu proses penurunan berat badan lebih cepat.

Ambil satu potong jahe, geprek dan rebus. Tuangkan air rebusan jahe bersama dengan madu untuk menambahkan rasa. Jadikan air jahe minuman pagi hari Anda.

2. Jus seledri

Jus seledri telah dikenal sebagai minuman rendah kalori yang cocok untuk program diet. Mengutip Times of India, seledri memiliki kandungan air yang tinggi bersama dengan kalori minimal yang dapat meningkatkan rasa kenyang.

Cuci dan iris batang serta daun seledri. Haluskan bersama dengan air. Saring campuran tersebut untuk mendapatkan sarinya.

Meminum jus seledri sebelum makan dipercaya dapat membantu menekan nafsu makan karena kandungan seratnya.

3. Teh hijau
Bukan rahasia lagi, teh hijau jadi salah satu pilihan minuman penurun berat badan yang paling populer. Kaya akan senyawa antioksidan dan katekin, teh hijau dapat membantu membakar lemak dan meningkatkan pengeluaran energi.

Rendam kantung teh hijau dalam air panas selama 3-5 menit, lalu angkat. Untuk hasil terbaik, Anda disarankan meminum teh hijau 2 gelas setiap hari sebelum makan.

4. Teh hitam
Teh hitam juga jadi pilihan teh terbaik untuk menurunkan berat badan. Kandungan di dalamnya membantu proses oksidasi lemak dan mendorong proses metabolisme.

Rendam kantung teh hitam di dalam air panas selama 3-5 menit, lalu angkat. Tambahkan seiris lemon atau madu sebagai penambah rasa.

Anda disarankan meminum 1-2 cangkir setiap hari, terutama di antara waktu makan.

5. Jus sayur
Jus sayur adalah pilihan minuman rendah kalori dan kaya nutrisi. Minuman ini cocok untuk menurunkan berat badan.

Sarat dengan vitamin, mineral, dan serat, jus sayuran membantu Anda tetap kenyang dalam waktu lama.

Haluskan berbagai sayuran seperti bayam, kangkung, wortel, dan mentimun. Minum dalam sajian segar tanpa disaring untuk mempertahankan kandungan seratnya.

6. Air cuka sari apel

Cuka sari apel dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan karena kandungan asam aset. Senyawa satu ini dapat membantu mengurangi lemak tubuh dan menekan nafsu makan.

Encerkan 1-2 sdm cuka sari apel ke dalam segelas air berukuran besar. Minum campuran tersebut setelah makanan untuk meningkatkan perasaan kenyang dan melancarkan pencernaan.

Namun, penting untuk meminumnya dengan menggunakan sedotan untuk menghindari paparan asam pada gigi. Asam pada cuka sari apel bisa merusak enamel gigi.

7. Teh ginseng
Teh ginseng juga bisa jadi salah satu minuman herbal untuk menurunkan berat badan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa tanaman satu ini dapat membantu proses penurunan berat badan.

Mengutip Healthline, sebuah penelitian menemukan bahwa asupan ginseng dua kali sehari selama delapan pekan dapat membantu penurunan berat badan.

Penelitian pada hewan juga menunjukkan hal yang sama. Ginseng ditemukan dapat membantu memerangi obesitas.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *