Persib Bandung vs PSM Makassar: Yance Melanggar, Yacob yang Dapat Kartu Kuning

Olahraga62 Dilihat

SULSELONLINE.COM  – Persib Bandung menahan imbang PSM Makassar, 0-0, dalam lanjutan Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin, 4 Desember 2023.

Pemain sayap PSM Makassar, Yance Sayuri menyoroti wasit yang memimpin pertandingan, Gedion Dapaherang.

Wasit membuat keputusan salah ketika memberikan kartu kuning.

Bermula saat Yance Sayuri melanggar David da Silva pada menit ke-9, wasit meniup peluit tanda terjadinya pelanggaran. Namun, alih-alih memberikan kartu kuning kepada Yance, Gedion malah merogoh kartu kuning dan mengangkat ke arah Yakob Sayuri.

Yance dan Yakob merupakan dua pemain sayap skuad berjulukan Juku Eja. Keduanya adalah saudara kembar. Diduga wasit salah mengira dan tak melihat nomor punggung Yance hingga mengira sudah tepat memberikan kartu kuning.

“Di sini saya juga ingin komentar bagi wasit, untuk kartu kuning bagi Yassa (Yakob Sayuri), saya sebenarnya yang buat pelanggaran, tapi wasit salah kasih kartu,” ucap Yance setelah pertandingan usai.

Menurut dia, Yakob bingung karena dirinya tidak melakukan pelanggaran tapi malah mendapat kartu kuning dari Gedion. Namun, kata dia, sepertinya wasit terlanjur mengangkat kartu kuning ke arah Yakob yang sebenarnya hal tersebut merupakan sebuah kekeliruan.

“Yassa bilang tak buat pelanggaran, yang buat pelanggaran saya, terlanjur wasit angkat kartu. Kita protes, tapi wasit angkat kartu. Itu setidaknya harus lihat nomor punggung kita sudah terlihat, kecuali kalau nomor punggung kita sama-sama 23,” ucap Yance.

Pemain kelahiran Kepulauan Yapen, 26 tahun silam itu berharap wasit di Liga 1 bisa lebih jeli dan tidak gegabah dalam mengambil keputusan. Pasalnya, kata dia, kepemimpinan wasit menjadi salah satu tolak ukur kemajuan sepak bola Indonesia. “Semoga wasit di Indonesia bisa lebih baik lagi,” katanya.

Kinerja Gedion pun mendapat kritik pedas dari pelatih PSM, Bernardo Tavares. Pelatih asal Portugal tersebut kecewa dengan keputusan kontroversial Gedion yang memberi enam kartu kuning kepada PSM dalam laga kontra Persib. Tavares marah sambil menggebrak meja saat menghadiri konferensi pers setelah pertandingan.

“Kita menjalani petandingan yang bagus dan atmosfer di lapangan sangat luar biasa ditunjukkan suporter Persib. Pemain memberikan perlawanan bagus, tapi yang saya katakan ini siapa pun yang akan melihat pertandingan ini, kami mendapat enam kartu kuning, akan berpikir tim saya sedang berada di Palestina sedang berperang,” ucapnya.

Hasil imbang membuat PSM Makassar mendapat tambahan satu poin dan kini di peringkat ke-10 klasemen sementara Liga 1 dengan 27 poin. Sementara, Persib Bandung kembali ke posisi kedua, menggeser Bali United yang sempat menggusurnya dengan nilai 39 poin tetapi unggul selisih gol. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *