Abdul Hayat Pimpin Upacara Bulan K3 Nasional di PT Vale

Berita53 Dilihat

SULSELONLINE.COM — Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Abdul Hayat Gani, memimpin upacara penutupan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di PT Vale Indonesia, Luwu Timur, Sabtu 12 Februari 2022.

Abdul Hayat menjelaskan, berbagai kondisi saat ini tentunya tidak boleh menurunkan semangat untuk tetap produktif dan menerapkan standar K3 sebagai salah satu upaya alternatif yang dapat dilakukan.

Sebelum pandemi Сovid-19, Sulsel memiliki trend positif capaian IPM, yakni dalam kurun waktu 10 (sepuluh) tahun terjadi peningkatan yang menggembirakan. Dari peringkat 23 nasional melaju hingga berada pada kisaran 15 – 17 nasional.

Pada saat yang sama, pertumbuhan ekonomi berada pada kisaran 7,3 persen hingga 8,05 persen. Serta Pendapatan Perkapita mencapai Rp 40 juta.

“Saya meyakini implementasi standar K3 merupakan salah satu opsi dalam upaya mengembalikan kemajuan yang telah dicapai sebelumnya. Alhamdulillah, tahun ini meski belum keluar dari pandemi, sepenuhnya kondisi pertumbuhan ekonomi Sulsel di 2021 dibanding tahun 2020 tumbuh sebesar 4,65 persen,” ungkap Abdul Hayat.

Ia menambahkan, Pemprov Sulsel memiliki komitmen yang kuat dalam mendorong implementasi K3, melalui visi menjadikan K3 sebagai salah satu faktor pendorong peningkatan daya Sulsel. Dengan mengemban misi, meningkatkan daya saing produk, daya saing SDM dan daya saing investasi.

Pemprov Sulsel juga merasa bersyukur bahwa pada tahun 2021 salah satu perusahaan di Sulsel, telah memperoleh penghargaan K3 internasional, yakni ASEAN OSHNET AWARD.

“PT. Trakindo Site Sorowako saya menyampaikan selamat atas prestasi tersebut, semoga menjadi pemantik bagi perusahaan lainnya,” ujarnya.

Pemprov Sulsel juga berharap upacara bulan K3 ini, tidak semata bersifat seremonial. Namun benar-benar dapat mengingatkan kita bersama untuk senantiasa mendorong semangat pembudayaan K3 dalam rangka meningkatkan kualitas hidup tenaga kerja dan keluarganya, dan meningkatkan kualitas produk di Sulsel.

“Kepada semua pihak yang
telah berkontribusi dalam pemajuan penerapan standar K3. Pemprov Sulsel menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak,” tutupnya.

Hadir pada acara tersebut, Asisten III Pemprov Sulsel, Tautoto Tanaranggina, Sekda Luwu Timur, Ketua DPRD Luwu Timur, Perwakilan Kementerian Ketenagakerjaan RI, dan Direktur ProsQQes Plant PT Vale Indonesia Jinan Syakir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *