3 Nama Disebut Akan Ganti Anies Baswedan

Politik58 Dilihat

SULSELONLINE.COM – Masa jabatan Anies Baswedan sebagai Guberur DKI Jakarta berakhir Oktober 2022. Sejumlah nama mengemuka akan menggantinya sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta yang akan memimpin Jakarta sekitar dua tahun.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin bawa kabar terbaru terkait 3 nama kandidat calon Plt Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan.

Ali Ngabalin mengungkap, hingga saat ini Istana Kepresidenan belum menerima usulan terkait tiga nama pengganti Anies Baswedan yang sebelumnya sudah beredar.

Akan tetapi, Ali Ngabalin mengakui bahwa Istana sudah mengetahui ada 3 nama kandidat yang diusulkan DPRD DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan.

Yakni Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali, serta Deputi IV KSP Bidang Informasi dan Komunikasi Politik Juri Ardiantoro.
Ali Ngabalin menyatakan, Istana tak mempermasalahkan tiga nama yang sudah beredar itu.

“Kalau itu wacana sedang berkembang di DPRD, monggo saja,” ujarnya, Senin (23/5/2022).

Namun politikus asal Papua Barat itu memastikan, belum ada kabar terbaru terkait pengganti Anies Baswedan.

Sementara untuk kriteria Plt Gubernur DKI Jakarta, kata Ngabalin, diserahkan sepenuhnya kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

“Dari Istana dan Bapak Presiden (Joko Widodo) belum ada update informasi terbaru tentang ini,” ungkap dia.

Untuk diketahui, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan melantik penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pada Oktober 2022.

Pj tersebut akan menggantikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang masa jabatannya berakhir pada 16 Oktober 2022.

Hal tersebut sembari menunggu pemilihan umum (Pemilu) serentak pada 2024.

Tito mengatakan, dirinya akan mengajukan tiga kandidat Pj Gubernur DKI kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelum pelantikan digelar.

“Sama yang nanti bulan Oktober (DKI Jakarta) sebulan sebelumnyalah, September kita nanti akan sudah dapat nama kita ajukan ke Bapak Presiden,” papar Tito di Kantor Kemendagri, Jakarta, (13/5/2022).

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD DKI Zita Anjani membocorkan tiga nama yang beredar di bursa calon Pj Gubernur DKI Jakarta.

Ketiganya adalah Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.

Kemudian, Sekretaris Daerah DKI Marullah Matali, dan Deputi IV Kantor Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Juri Ardiantoro.(al)

Mileanies Sidrap Deklarasikan Dukungan ke Anies Baswedan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *