Motor Listrik Smoot, Gesits-Volta, Disubsidi Pemerintah Harganya Lebih Murah

Ekonomi649 Dilihat

SULSELONLINE.COM – Sejumlah pabrik motor listrik meningkatkan penggunaan komponen lokal supaya bisa mendapat ‘subsidi’ dari pemerintah. Salah satunya Smoot yang kini memiliki nilai TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) lebih dari 40%.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasmita baru menyebutkan lima merek kendaraan listrik yang dipastikan mendapat bantuan dari pemerintah. Kelima merek tersebut terdiri dari merek mobil dan juga motor. Khusus untuk motor, tiga merek yang mendapat ‘subsidi’ adalah Gesits, Volta, dan Selis.

Ketiganya memiliki TKDN minimal 40% dan sudah diproduksi di Indonesia. Itu artinya baik Gesits, Volta, dan Selis memenuhi dua persyaratan utama dari pemerintah untuk mendapatkan subsidi. Meski begitu, Agus tak menutup kemungkinan beberapa produsen tengah berupaya meningkatkan TKDN supaya mendapat jatah subsidi untuk 200.000 motor listrik baru.

“Saya tidak bisa kasih tahu, tapi semuanya ongoing process. Ada sudah beberapa produsen yang menyatakan bahwa kami akan menaikkan ke 40 persen untuk motor,” ungkap Agus.

Dilihat detikOto dalam laman resmi TKDN Kemenperin, motor listrik yang telah meningkatkan penggunaan komponen dalam negeri adalah PT Smoot Motor Indonesia. Motor listrik Smoot Elektrik Tempur yang sebelumnya 32,45% kini 47,61%. Artinya, kesempatan Smoot Tempur mendapat subsidi dari pemerintah sangat terbuka. Smoot sendiri memiliki dua model listrik yang dijual di Indonesia yakni Tempur dan Zuzu.

“Untuk yang Smoot Tempur sudah pasti dapat. Untuk Zuzu menyusul di April TKDN-nya,” jelas Marketing Strategic Smoot Motor Indonesia Rizal Alexander mengutip detikOto, Kamis (9/3/2023).

Smoot tempur merupakan motor listrik dengan kapasitas baterai 64V/21,5 Ah dengan motor listrik tipe DC Brushless. Motor listrik ini memiliki kecepatan 60 km/jam dengan jarak tempuh sejauh 60 km. Sistem baterainya bisa diganti dengan waktu hanya 9 detik. Smoot Tempur saat ini dijual dengan harga Rp 18.500.000. Adapun bila mendapatkan subsidi dari pemerintah, maka harga Smoot Tempur menjadi Rp 11.500.000.

Rizal menambahkan, konsumen yang ingin meminang motor listrik Smoot Tempur sudah bisa melakukan pemesanan di laman resmi Smoot. Namun untuk skema subsidi, agar lebih jelas menunggu 20 Maret 2023.

“Kita anjurkan tunggu tgl 20 maret dulu supaya aturan main nya & flow pembelian nya lebih pasti,” ujar Rizal.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *