Cara Cegah Kolesterol Naik Meskipun Santap Daging Kurban

Berita16 Dilihat

SULSELONLINE.COM — DAGING kambing atau sapi yang didapat dari tempat kurban memang menjadi salah satu makanan wajib di kala Idul Adha. Tapi, bagi beberapa orang, makan daging kambing memiliki risiko tinggi.

Hal ini lantaran kenaikan kolesterol akibat konsumsi daging secara berlebihan. Nah, jika Anda termasuk orang yang mengalami kondisi tersebut usai mengkonsumsi daging, berikut cara praktis untuk menurunkan kolesterol menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Dr Suzanne Steinbaum seperti dilansir dari WebMd.

Banyak bergerak

Berolahraga sekiranya 2,5 jam seminggu sudah cukup untuk meningkatkan High-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik, LDL dan trigliserida. Jika Anda belum terbiasa cobalah dengan perlahan selama 10 menit beraktivitas.

Konsumsi dengan makanan berserat
Makanan kayak serat dapat menyerap kolesterol dalam tubuh Anda. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi 5 hingga 10 gram lebih banyak serat setiap hari menyebabkan penurunan LDL.

Selain itu makanan berserat juga akan membuat perut terasa lebih kenyang.

Menggunakan minyak zaitun
Mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun dapat mengurangi kolesterol LDL sebanyak 15 persen yang memiliki efek seperti meminum dosis rendah obat. Minyak zaitun juga memiliki manfaat positif bagi Hati Anda.

Hindari stres
Stres juga bisa meningkatkan kolesterol. Temukan perasaan yang baik tentang pekerjaan atau rekan Anda, maka hal itu dapat membantu mengendalikan kolesterol.

Tambahkan rempah
Rempah-rempah seperti bawang putih, jahe, lada hitam, ketumbar dan kayu manis lebih dari sekadar bumbu bagi masakan Anda.

Mengonsumsi setengah hingga aatu siung bawang putih bisa menurunkan kolesterol Anda hingga 9 persen.

Berhenti merokok

Merokok dapat meningkatkan LDL dan menurunkan HDL. Dalam sebuah penelitian berhenti merokok dapat meningkatkan kolesterol baik sebanyak 5 persen dalam satu tahun. Menghirup asap rokok juga akan mempengaruhi kolesterol jahat.

Tertawa
Tertawa dapat meningkatkan HDL. Semakin banyak tertawa justru akan semakin baik. Anda bisa menonton film komedi, membaca cerita lucu atau melihat meme konyol di media sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *