Pengusaha Maros Sulap Ballo Jadi Minuman Kekinian

Ekonomi374 Dilihat

MAKASSAR – Pengusaha muda asal Maros menyulap ballo atau tuak menjadi minuman kekinian. Bukan ballo yang memabukkan, ballo yang ia jual adalag ballo manis yang dikemas dengan botol yang cantik.

Minuman ini bernama Es Tuaq Cemara yang akan dipasarkan di kafe maupun warung kopi di Maros dan Kota Makassar.

Minuman tradisional berbahan dari pohon Aren (Enau) dengan rasa manis ini merupakan produk minuman olahan alami yang dirintis oleh pengusaha muda asal Mallawa, Kabupaten Maros, Rudihartono.

Es Tuaq Cemara kini telah memiliki izin atau Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-PIRT) produk dengan brand Es Tuaq Cemara.

“Dokumen SPP-PIRT nya sudah ada dan selanjutnya akan kita siapkan kelengkapan lain, termasuk pengadaan stok produk lalu kita pasarkan di beberapa kafe dan warung kopi dulu,” jelas Rudi, sapaannya, Rabu (10/1/2024).

Es Tuaq Cemara ini adalah air olahan dari Pohon Aren, yang juga menjadi bahan untuk membuat gula Aren (gula merah).

Sumber bahan bakunya berasal dari hasil perkebunan pohon Aren warga di Kawasan Karaenta, Kabupaten Maros.

Minuman ini juga kerap disebut warga dengan “Ballo Manis” yang bisa dijumpai dijual warga di tepi jalan poros Camba-Maros dengan kemasan seadanya.
“Ballo Manis” ini tidak dibuat dengan tujuan memabukkan. Proses olahannya pun berbeda dengan jenis “Ballo” dengan rasa pahit yang sudah dicampur bahan tertentu dan disimpan beberapa hari yang bisa memabukkan.

Es Tuaq Cemara ini merupakan “ballo manis” yang dikemas khusus dalam botol yang lebih higienis dan modis serta diawetkan dalam lemari pendingin khusus (freezer).

Selain manis, minuman ini dijamin menyehatkan, dan menyegarkan dikonsumsi karena berbahan alami tanpa proses fermentasi zat atau bahan lainnya.
Sementara bagian pemasaran Es Tuaq Cemara, Redo, menambahkan minuman dingin tradisional ini akan diproduksi melalui Solusi Farm Maccopa

Maros dengan melibatkan warga petani di sekitar Karaenta Maros sehingga akan memberikan dampak ekonomi serta penghasilan masyarakat setempat.

Nantinya Produk Es Tuaq Cemara ini akan teredia dalam kemasan botol minuman ukuran 250ml dan 600ml.

“Produk kuliner lokal ini juga bisa menjadi produk oleh-oleh asal Maros yang dapat berkontribusi dalam industri kreatif dan kepariwisataan daerah setempat,” terangnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *