Jokowi Nginap di IKN, Pantia Semprot Nyamuk Malaria dan Siapkan Obat Bisa Ular

Berita59 Dilihat

SULSELONLINE.COM – Presiden Joko Widodo akan akan menginap di lokasi tempat dibangunnya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Selasa (15/3/2022). Panitia menyiapkan obat anti bisa ular dan menyemprot nyamuk malaria yang banyak dilokasi.

Rencana menginap Joko Widodo di IKN dibenarkan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Heru menuturkan, Presiden akan menginap bersama sejumlah pejabat. Heru menyebut salah satunya adalah Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Heru pun memastikan, Pangdam VI Mularwaman Mayjen Teguh Pujo Rumekso dan Kapolda Kalimantan Timur Irjen Imam Sugianto ikut bermalam di IKN.

“Kami menginap di IKN ini tentunya apa adanya dan Bapak Presiden kami siapkan tenda sederhana,” kata Heru Budi dalam konferensi pers yang disiarkan channel YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (13/3/2022) malam. “Tentunya tidak mengurangi keamanan beliau,” lanjutnya.

Heru menjelaskan, Presiden Jokowi akan berangkat dari Balikpapan menuju lokasi IKN Senin (14/3/2022) dengan jalur darat. Sesampainya di lokasi, Jokowi bersama 34 gubernur akan menggelar prosesi. Salah satu kegiatan dalam prosesi itu, kata Budi, adalah memanjatkan doa.

“Tentunya kita sebagai orang timur, meminta doa memanjatkan doa, dan menjunjung tinggi kearifan lokal,” ujar Heru.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, tujuan Presiden mengajak 34 gubernur dalam prosesi itu adalah agar semua elemen masyarakat menyukseskan proyek IKN. “Tentunya ini adalah pekerjaan yang cukup besar dan semua elemen masyarakat diminta mendukung dan mohon doanya,” ujar Heru.

Keesokan harinya Presiden menginap di IKN. Setelah kegiatan menginap, Presiden akan mengunjungi beberapa lokasi.

Di antaranya lokasi persemaian. Sementara itu, Pangdam VI Mularwaman Mayjen Teguh Pujo Rumekso mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 2.064 personel gabungan dari TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah.

Kapolda Kalimantan Timur Irjen Imam Sugianto mengatakan, sebanyak 1.300an polisi dikerahkan dalam acara ini. Dari unsur Lalu Lintas, Intelijen hingga polisi berseragam. “Pengamanan disebar,” ujar Imam.

Sementara itu, Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayjen TNI Tri Budi Utomo memastikan keamanan di sekitar lokasi Presiden bermalam.

Menurutnya, Paspampres sudah menyiapkan sejumlah hal.

Tri menuturkan, jajarannya sudah melakukan pengasapan atau fogging untuk pencegahan malaria. Selain itu, di sekitar tenda VVIP sudah disebarkan garam untuk mengantisipasi binatang melata.

“Disiapkan juga bisa antiular yang akan berguna. Mudah-mudahan tak terpakai,” kata Tri mengutip kompas.(al)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *