Jokowi Anggarkan Rp 422,7 Triliun untuk Infrastruktur 2024

Berita157 Dilihat

SULSELONLINE.COM  – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berfokus pembangunan di tahun terakhir kepemimpinannya.

Hal ini terefleksikan dari usulan anggaran infrastruktur 2024 yang lebih tinggi dari tahun ini. Kepala negara menyampaikan, pemerintah akan mengalokasikan anggaran infratruktur 2024 sebesar Rp 422,7 triliun.

Anggaran ini lebih besar dari anggaran infrastruktur tahun ini sebesar Rp 392 triliun.

“Untuk mendorong produktivitas, mobilitas dan konektivitas, serta pemerataan yang berkeadilan, anggaran infrastruktur dialokasikan sebesar Rp 422,7 triliun,” kata dia dalam Pidato Pengantar RAPBN 2024 dan Nota Keuanganya, di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Lebih lanjut Jokowi bilang, anggaran itu akan diarahkan untuk penguatan penyediaan pelayanan dasar, peningkatan produktivitas melalui infrastruktur konektivitas dan mobilitas, peningkatan jaringan irigasi melalui pembangunan bendungan.

Selain itu, anggaran infrastruktur juga akan digunakan untuk saluran irigasi primer, sekunder, dan tersier, penyediaan infrastruktur di bidang energi dan pangan yang terjangkau, andal, dan berkelanjutan, pemerataan akses teknologi Informasi dan Komunikasi; serta mendukung proyek-proyek strategis, termasuk pembangunan IKN.

Orang nomor satu RI itu menyebutkan, akselerasi pembangunan infrastruktur ditempuh dengan bauran skema pendanaan, melalui sinergisisi pembiayaan investasi dan belanja Kementerian/Lembaga serta meningkatkan peran swasta.

“Untuk itu, pemerintah terus mendorong pengembangan skema kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha yang lebih masif dan berkelanjutan,” ucap Jokowi mengutip kompas.com.(*)

Tahun Depan Jokowi Anggarkan Biaya Kesehatan Rp 186,4 Triliun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *