Berduka Atas Kematian Shinzo Abe, Jusuf Kalla Sambangi Kedutaan Besar Jepang

Nasional65 Dilihat

SULSELONLINE.COM – Wakil Presiden RI ke 10 dan 12, Jusuf Kalla (JK) berduka atas kematian Shinzo Abe dengan mendatangi kantor Kedutaan Besar Jepang, di jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, Rabu, 13 Juli 2022.

Kedatangan JK tersebut untuk menyampaikan duka cita secara langsung atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, yang ditembak saat kampanye pada Jumat, (8/7/2022) lalu.

Kedatangan JK disambut langsung Dubes Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji. JK yang didampingi ekonom Sofyan Wanandi tersebut kemudian langsung diarahkan ke ruang khusus yang disediakan bagi para pejabat negara dan perwakilan dari negara lain.

Di ruangan tersebut Jusuf Kalla membubuhkan nama dan tanda tangan di buku khusus berisi pernyataan duka cita untuk Shinzo Abe.

Ketua Umum PMI tersebut menuliskan ucapan duka cita atas meninggalnya Shinzo Abe.

Bagi JK, kematian Abe merupakan salah satu kehilangan tokoh besar asia. JK juga menganggap Abe sebagai pemimpin negara yang baik dan sangat perhatian terhadap Indonesia. Di beberapa kali pertemuan internasional, Abe sering menawarkan bantuan Jepang untuk Indonesia, termasuk proyek kereta api yang menghubungkan Surabaya dan Jakarta.

Pada pertemuannya dengan Abe di Sendai Jepang, 14 Maret 2015 silam. JK juga menyampaikan pidato yang menyerukan masyarakat internasional untuk membantu Jepang, agar segera keluar dari dampak bencana alam tsunami Fukushima.

“Hubungan kami sangat baik tidak hanya sebagai hubungan antar negara, tapi juga secara personal,” kenang JK.

Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe dilaporkan meninggal dunia setelah terluka akibat penembakan di Nara.

Ia ditembak oleh warga Jepang yang mengaku dendam dengan Abe.(a)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *